Permasalahan Pada NComputing



Istilah ncomputing ini baru pertama kali kudengar saat bekerja, tujuan utama ncomputing adalah pemusatan data pada 1 CPU, tapi CPU tersebut dapat digunakan oleh beberapa orang lain. ini mungkin juga langkah penghematan,tapi jika satu CPU tersebut rusak maka yang lain pun tak akan bisa menggunakannya lagi, untuk itulah dibutuhkan spesifikasi CPU yang bagus agar dapat bertahan lama menggunakan ncomputing.


Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang pernah terjadi pada computer ncomputing yang pernah kualami :

menurutku sendiri ncomputing adalah 1 CPU sebagai Host Server yang dihubungkan dengan banyak Client Server dengan menggunakan kabel lan LAN.

1. Program Macet tapi tidak “Not Responding”

Sering terjadi beberapa kali program macet dan tidak bias diklik saat         menjalankan program. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan proses dari program yang macet tersebut dengan menggunakan Task Manager.


2. Keyboard Macet

Ini kadang” terjadi pada computer client server., saat keyboard tidak bisa diketikan. Untuk mengatasinya cabut kemudian pasang kembali port keyboard dari perangkat ncomputing, jika masih terjadi coba disconnect terlebih dahulu lalu connect’kan lagi. Bisa juga dengan mematikan perangkat ncomputing di Client Server.


3. Host Unreacheable

Hal ini terjadi karena computer Client Server tidak dapat menemukan computer Host’a. Cara mengatasinya dengan memeriksa kabel lan pada computer Client, pastikan kabel LAN terpasang dengan benar, atau coba cabut dan pasang kembali kabel LAN tersebut


4. Terminal Server - Yet not ready. Please retry attempt a bit later 

Ini permasalahan yang cukup membuat saya bingung, karena di computer client muncul pesan error “” namun computer Host sama sekali tidak bermasalah. Hingga saya mencari cara untuk mengatasinya diinternet, cara pertama yang mengubah value di regedit sama sekali tidak ada effect’a, Cara kedua yang ditawarkan adalah dengan Uninstall software Ncomputing secara bersih kemudian Instal Ulang Software tersebut kembali, inilah cara yang terbukti ampuh mengatasi permasalah pesan error ini. Namun saya tetap masih mencari penyebab masalah ini serta cara mengatasinya tanpa perlu install ulang software ncomputing


Keunggulan NComputing:
  • Lebih murah daripada membeli PC baru, ketika upgrade juga hanya perlu upgrade 1 PC saja.
  • Hemat energi (3-5 w).
  • Hemat tempat, dapat ditempelkan pada LCD monitor yang sudah memiliki lubang untuk VESA bracket.
  • Perawatan dan support mudah (hanya 1 PC).
Kekurangan:
  • Harus ada server, jika server mati semua pengguna tidak dapat bekerja.
  • Kadang ada masalah kompatibilitas dengan windows update.
  • Support hardware USB yang dihubungkan langsung ke NComputing terminal terbatas, tidak semua printer/alat bisa digunakan (kami pernah mencoba printer HP LaserJet P1006 dan kabel USB to parallel port, keduanya gagal digunakan)
  • support wide screen hanya pada resolusi tertentu (1440×900 dan 1920×1080).
  • support ke linux minim.

Semoga membantu....

Baca selengkapnya..

0 komentar:

Blogger template by AdsenseBloggerTemplates | Original design by andrastudio