Haruskah membeli BlackBerry?

Saat Anda mencari handphone yang berteknologi digital serbaguna dan simpel untuk rutinitas bisnis, perangkat mobile dan terintegrasi adalah salah satu hal utama yang mungkin terlintas di pikiran. Urusan bisnis di abad globalisasi mendorong batasan baru yang mesti mempertimbangkan solusi perangkat mobile yang dapat memanfaatkan email nirkabel dengan cara yang efisien; yang paling mungkin diantaranya adalah ponsel.

Lebih tepatnya, sebuah ponsel pintar yang didefinisikan sebagai perangkat modern yang dapat menerima email, menjelajah web dengan built-in browser, membuat panggilan telepon, mengirim teks, mengambil gambar atau video, dan mengistal aplikasi yang berguna. Dan tentunya, Anda dapat online 24 jam 7 hari seminggu dengan daya tahan baterai yang cukup lama untuk aktivitas secara mobile.

Tapi apakah tujuan utama membeli perangkat seperti BlackBerry hanya untuk email semata? Banyak orang bahagia memiliki handphone BlackBerry meski mereka tidak cukup tahu tentang apa yang dibelinya. Membeli perangkat semacam Blackberry berarti Anda harus kenyediakan pos pengeluaran berlangganan Blackberry Internet Service (BIS) bulanan dan biaya rutin untuk bertelepon atau SMS-an sesuai harga yang ditawarkan operator.

Berikut patokan harga bulanan untuk penggunaan Internet di Blackberry:
Indosat: Rp. 160.000/bulan
Telkomsel: Rp. 180.000/bulan
XL: Rp. 150.000/bulan
AXIS: Rp. 100.000/bulan

Untuk telepon dan SMS Anda harus membeli pulsa yang berbeda. Sekarang, mari kita bahas fitur-fitur yang terdapat dalam BlackBerry.

1. Untuk Internetan, ponsel Blackberry agak lambat dibanding ponsel merk lain yang ada dipasaran. Kebanyakan pengguna mengeluh dan harus menon-aktifkan gambar untuk membuatnya bekerja. Sebagai perbandingan, iPhone dengan browser safari berjalan baik meski load dengan menyertakan gambar. G1 juga direkomendasikan sangat bagus.

2. Kamera tidak terlalu penting buat sebagaian besar pelaku bisnis, jadi mari kita katakan saja jika memang kamera yang tersedia bagus, namun bukan suatu keharusan yang mutlak.

3. Kualitas perangkat telepon itu sendiri adalah sesuatu yang tampaknya menjadi keharusan karena ada konsensus mereka semua menentukan merk yang dijual dipasaran. Keluhan yang sering disuarakan pelanggan ponsel adalah kualitas panggilan dan tingkat volume suara yang tidak maksimal.

4. Lalu bagaimana dengan keamanannya? Apakah hal ini yang membuat mereka yang mobile dan pelaku bisnis mengunggulkan Blackberry dari perangkat lain? Sama sekali tidak! Pada kenyataannya, desain Blackberry agak kuno untuk membiarkan akun Blackberry memiliki akses penuh terhadap email box. Ini berarti jika akun Blackberry dihack, penyerang dapat mengirimkan email dan SPAM dari setiap alamat di perusahaan Anda. Sementara produsen ponsel pintar lain telah menciptakan fitur baru dan lebih baik tingkat kemanan buat pelanggan mereka.

5. Aplikasi. Iphone memiliki ketersediaan aplikasi untuk digunakan lebih dari 15.000. G1 kurang lebih sama. Windows Mobile memiliki aplikasi yang juga berguna, meski tidak sebanyak iPhone atau G1. Ingat, ponsel tidak memungkinkan Anda untuk menyalin dokumen dari komputer tanpa kabel atau aplikasi pihak ketiga. Disitulah ketersediaan aplikasi dibutuhkan. Sayangnya aplikasi Blackberry tidak sebanyak pesaingnya dan kebanyakan orang mengatakan aplikasi tambahan memperlambat fungsi komunikasi saat Anda menggunakannya. Web Blackberry sendiri menyediakan sekitar 50 aplikasi yang dapat digunakan.

Jadi, sudahkah Anda putuskan untuk membeli smartphone favorit Anda? Penting sekali mengetahui subyek sebelum Anda membelinya secara membabi buta mengikuti trend.



Baca selengkapnya..

0 komentar :

Blogger template by AdsenseBloggerTemplates | Original design by andrastudio